Program Digital Business Strategic ini dibuka bagi para pemilik bisnis yang berkeinginan untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki, untuk membuat bisnis tetap bertahan di era gempuran pasar dibutuhkan strategi pengembangan bisnis yang tepat.Â
Penyusunan strategi harus diatur dengan teliti dan diterapkan pada seluruh elemen perusahaan, dalam program ini, Anda akan belajar bagaimana sebuah bisnis dapat berkontribusi terhadap perekonomian kita di semua tingkatan, bagaimana meningkatkan bisnis – baik bisnis baru maupun bisnis yang sudah ada, apa yang diperlukan untuk menjadi seorang pebisnis, bagaimana membiayai usaha dan inovasi baru, serta bagaimana kamu dapat mengembangkan, dan memasarkan inovasi melalui proses pengembangan bisnis.
Menurut laporan Statista, pendapatan global dari e-commerce diperkirakan mencapai $6.3 triliun pada tahun 2024. Selain itu, pengguna internet global terus meningkat, mencapai 5.18 miliar pada 2023, membuka peluang pasar yang lebih luas untuk bisnis digital.
Bisnis digital memungkinkan pengembangan global dengan cepat. Contohnya, startup seperti Shopify dan Zoom tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun berkat model bisnis digital mereka. Shopify memiliki lebih dari 1.75 juta bisnis aktif di seluruh dunia, membuktikan skalabilitas tinggi tanpa perlu infrastruktur fisik yang besar.
Sebuah studi dari Global Workplace Analytics menunjukkan bahwa sekitar 70% pekerja global setidaknya bekerja dari rumah satu kali seminggu, menunjukkan tren kerja jarak jauh. Bisnis digital memungkinkan pengusaha bekerja dari mana saja dengan perangkat online, tanpa batasan geografis.
Memulai bisnis digital seperti e-commerce atau blog memiliki modal awal yang lebih rendah. Menurut data dari Small Business Trends, 69% bisnis rumahan membutuhkan kurang dari $10.000 untuk memulai. Ini jauh lebih rendah dibandingkan biaya mendirikan bisnis fisik yang membutuhkan biaya sewa, inventaris, dan staf.
Forbes melaporkan bahwa pengusaha digital top seperti pemilik toko e-commerce atau konten kreator bisa menghasilkan hingga ratusan ribu hingga jutaan dolar per tahun. Misalnya, pada 2022, Amazon FBA (Fulfillment by Amazon) melaporkan bahwa 57% penjual menghasilkan lebih dari $100.000 per tahun dari platform mereka.
Digital skills are fast becoming core skills essential to perform future jobs. Our classes are delivered with us- Competency Learning as a Service for improved Knowledge, Skill, & Ability. It supports work-integrated learning delivery with both online and in-person support including learning, instructor-led live classes and personalized mentoring.
Program Digital Business Strategic disusun secara aplikatif dan dapat membantu peserta untuk merencanakan karir di bidang digital dan menciptakan bisnis.
Modul pembelajaran Fundamental Business mencakup konsep-konsep dasar yang penting dalam dunia bisnis, seperti pengantar bisnis, pengelolaan bisnis, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, etika & tanggung jawab sosial dalam bisnis.
Modul Product Design and Branding mencakup berbagai aspek yang penting dalam proses merancang produk dan membangun merek, seperti komunikasi brand, inovasi dan trend desain, pengembangan produk, etika dalam desain dan branding.
Modul Digital Marketing Strategy mencakup berbagai aspek yang penting untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif, seperti pemasaran digital, analisis pasar dan audiens, strategi konten, media sosial, iklan dogital, analitik dan pengukuran kinerja, optimasi dan penyesuaian strategi, etika dalam Pemasaran Digital.
Modul Cost Structure Funding mencakup pemahaman tentang bagaimana perusahaan mengelola struktur biaya dan berbagai sumber pendanaan yang tersedia, di sini kita akan belajar terkait analisis biaya, pengelolaan biaya, sumber pendanaan, perencanaan keuangan, risiko keuangan, alur dan etika dalam pendanaan.